Di era digital ini, pemasaran online menjadi hal yang sangat penting bagi keberhasilan sebuah bisnis. Metode pemasaran online yang paling efektif adalah SEO dan SEM. Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Baca juga: SEO dan SEM: Pengertian, Persamaan, dan Perbedaannya
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu proses mengoptimalkan sebuah website agar dapat muncul di peringkat tinggi pada hasil pencarian organik di mesin pencari seperti Google. Fokus utama dari SEO adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas trafik organik ke website dengan cara mengoptimalkan berbagai elemen, seperti konten, struktur web, dan link.
Baca juga: Apa Itu SEO dan Seberapa Penting untuk Bisnis Online Anda?
Tujuan SEO adalah untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian organik, yang akan menghasilkan trafik organik yang berkelanjutan tanpa biaya per klik.
Ada beberapa faktor yang memengaruhi SEO, antara lain berikut ini.
Baca juga: Rahasia Mesin Pencari, Ini Cara Kerja SEO yang Harus Anda Ketahui
Ada berbagai teknik SEO yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peringkat website, antara lainnya berikut ini.
Baca juga: Strategi Penulisan Artikel SEO untuk Menarik Perhatian Mesin Pencari
SEO memiliki banyak manfaat bagi bisnis, antara lain sebagai berikut.
Baca juga: Hindari Salah Pilih, Ini Cara Dapatkan Konsultan SEO Terpercaya
SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing, yaitu pemasaran online yang menggunakan media mesin pencari untuk mempromosikan suatu produk atau layanan. SEM dapat dilakukan dengan menggunakan iklan berbayar di mesin pencari, seperti Google Ads.
Baca juga: Informasi Seputar SEM, dari SEM Artinya Apa hingga Manfaatnya
Tujuan SEM adalah untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian, sehingga lebih mudah ditemukan oleh pengguna.
Ada berbagai teknik SEM yang dapat dilakukan untuk meningkatkan visibilitas website, antara lain berikut.
SEM memiliki banyak manfaat bagi bisnis, di antaranya berikut.
SEO dan SEM adalah dua metode pemasaran online yang saling melengkapi. SEO dapat membantu meningkatkan visibilitas website secara organik, sedangkan SEM dapat membantu meningkatkan visibilitas website secara cepat dan terukur.
Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan SEO dan SEM.
SEO dan SEM adalah dua kunci sukses pemasaran online saat ini. Dengan menerapkan kedua metode ini, bisnis Anda dapat lebih mudah ditemukan oleh pengguna dan meningkatkan penjualan. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda dapat meningkatkan visibilitas website dan menarik lebih banyak trafik, baik dari segi organik maupun berbayar. Untuk menambah insight seputar SEO dan SEM lebih dalam lagi, Anda bisa mengecek kumpulan Cerita Creata. Ada banyak tips and trick dan insight terbaru seputar kedua metode tersebut.
Apabila Anda tertarik untuk menggunakan salah satu metode pemasaran tersebut atau bahkan keduanya, namun merasa kesulitan. Tak perlu khawatir, kini telah hadir jasa digital agency Creata yang bisa Anda andalkan dalam proses pemasaran digital. Creata sudah profesional dan berpengalaman di bidang pemasaran digital sejak tahun 2013 sehingga kinerjanya dijamin berkualitas tinggi. Memang dalam mempelajari serta menerapkan metode SEO dan SEM membutuhkan waktu lebih, maka dari itu Creata adalah solusi terbaik untuk Anda. Tak ada salahnya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan Creata dengan cara klik di sini untuk mendapatkan saran terbaik terkait bisnis yang dijalankan saat ini!
All Rights Reserved | Creata.id