Tutorial Lengkap Cara Pasang Iklan di Youtube, Pebisnis Wajib Coba!
Youtube adalah salah satu platform media sosial berbasis video yang digunakan di seluruh dunia. Banyak orang yang memanfaatkan kepopuleran Youtube untuk membantu meningkatkan penjualan bisnisnya. Bahkan, beberapa orang ada yang berpendapat bahwa pasang iklan di Youtube lebih baik daripada di media konvensional.
Nah, untuk cara pasang iklan di Youtube perlu menyiapkan materi iklannya terlebih dahulu. Bila memutuskan untuk memasang iklan display berbentuk video, cocok memilih di platform Youtube. Tapi, bukan berarti Anda tidak memasang iklan berbentuk teks ya. Karena, iklan teks atau gambar statis pun bisa dipasang di Youtube, namun terkadang juga tidak tampil di videonya, hanya di sidebar Youtube bersama video rekomendasi lainnya.
Jika tertarik beriklan di Youtube, berikut artikel ini sudah siapkan tutorial cara pasang iklan di Youtube. Anda sebagai pebisnis yang ingin mendigitalkan bisnis wajib mencobanya!

Log in Google Ads
Cara pasang iklan di Youtube yang pertama adalah pastinya login ke akun Google Ads. Untuk bisa login, tentunya sudah harus punya akun Google Ads terlebih dulu.
Pilih Target Audiens
Setelah login, klik menu “Kampanye” dan pilih “Kampanye baru”. Lalu, pilih sasaran iklan.
Pilih Jenis Iklan
Cara pasang iklan di Youtube berikutnya, Anda akan diarahkan ke jenis iklan. Pada tahap ini Anda bisa menyesuaikan keinginan iklan yang dipasang di Youtube. Klik button “Video” untuk menjangkau penonton di Youtube.
Tentukan Parameter Iklan
Klik “Continue”, lalu akan muncul halaman penentuan parameter iklan, dengan informasi sebagai berikut.
- Campaign Name: Nama iklan yang ingin dipasang, contoh “Produk Unggulan Kami Bulan Ini”.
- Bid Strategi: Pilih strategi bidding sesuai kebutuhan, contoh memilih Maximum CPV atau Cost per View, yang artinya Anda hanya perlu membayar sesuai dengan jumlah tayangan atau view. Ada dua bid strategi, yaitu sebagai berikut. Ada target CPM (Cost Per Mile), harga yang harus dibayar per 1.000 tayangan. Juga, target CPA (Cost Per Acquisition), harga yang dibayarkan sesuai dengan jumlah penonton yang melakukan klik iklan.
- Budget: Jumlah uang yang rencananya disiapkan untuk menayangkan iklan.
- Networks: Lokasi iklan yang akan dipasang. Pilihlah dari tiga pilihan. Ada Discovery only, hanya dipasang di halaman hasil pencarian YouTube. Lalu, ada All of Youtube, dipasang di homepage, hasil pencarian, halaman channel, dan di video Youtube. Juga, ada Youtube Display Network, dipasang di Youtube affiliate website dan Display Network.
- Location: Lokasi target penonton. Jika ingin targetnya semua negara, bisa pilih “All countries”. Sementara, jika hanya di Indonesia, klik “Indonesia” atau juga bisa pilih lokasi yang lebih spesifik lagi.
- Language: Bahasa iklan yang digunakan. Jika bahasanya Indonesia, klik “Bahasa Indonesia” dan jika Bahasa Inggris, klik “Inggris”.
- Inventory Type: Pilih “Tipe Standar” jika tidak membutuhkan pengaturan khusus, seperti video yang mengandung kekerasan dan bahasa tabu. Ingatlah, penggunaan inventory khusus akan menambah harga iklannya.
Pilih Target Penonton
Cara pasang iklan di Youtube selanjutnya adalah menentukan target penonton. Pertama, berdasarkan demografi. Untuk gender, pilih target penontonnya apakah laki-laki atau perempuan saja atau keduanya. Lalu, usia penonton, serta ada kolom lainnya.
Hubungkan Google Ads dengan Channel Youtube
Sebelum menyelesaikan ini, pastikan sudah meng-upload video yang ingin dipasang sebelumnya ke kanal Youtube Anda ke Google Ads.
Tambahkan URL, CTA, dan Headline
Saat memasukkan link video, Anda akan melihat ringkasan dari pengaturan iklan yang sudah dibuat sebelumnya. Jangan lupa mengisi URL untuk tampilan display, Call to Action, dan juga headline. Lalu, klik button “Create Campaign” pada iklan YouTube Ads yang akan di-publish.
Siapkan Budget
Jangan lupa menyiapkan budget untuk pemasangan iklan. Jika belum disiapkan sebelum membuat kampanye, siapkanlah sekarang terlebih dahulu.
Itulah tutorial cara pasang iklan di Youtube yang bisa pebisnis coba untuk mulai mendigitalkan bisnisnya. Sebelum pasang iklan di Youtube, pastikan target audiens Anda memang sering mengakses Youtube ya agar bisa tepat sasaran.
Jika merasa cara pasang iklan di Youtube yang disampaikan di atas terasa sulit atau ingin pemasangan iklan di Youtube optimal dan tepat sasaran, Anda bisa menggunakan jasa
Creata. Digital agency ternama ini telah berpengalaman mengiklankan produk atau jasa dengan berbagai bidang bisnis di Youtube sehingga tak perlu takut dengan kinerjanya. Setiap bulan pun Creata memberikan laporan bulanan terkait performa iklan di Youtube sehingga lebih transparan dan bisa memudahkan menentukan pemasangan iklan selanjutnya.
Soal harga, Creata menawarkan harga paket layanan yang terjangkau di kelasnya dan juga menjamin tidak ada biaya tambahan. Jika tertarik dengan layanan pasang iklan Youtube di Creata, Anda bisa klik di sini untuk langsung terhubung dengan tim Creata. Sementara, bila ingin mempelajari serba-serbi digital marketing, bisa baca berbagai Cerita Creata.
Bagikan Artikel Ini..

