SEO dan SEM: Pengertian, Persamaan, dan Perbedaannya
Mungkin sebagian dari Anda ada yang pernah mendengar SEO dan SEM atau malah ada yang belum pernah mendengar keduanya. SEO dan SEM merupakan strategi website mendapatkan ranking teratas di mesin pencari, seperti di Google.
Anda sebagai pemilik website atau pemilik bisnis bisa mencoba strategi SEO dan SEM. Namun, sebelum mencoba keduanya, Anda perlu mengetahui penjelasan SEO dan SEM berikut ini secara lengkap, mulai dari pengertian, perbedaan, hingga persamaannya.

sumber: redcomm.co.id
Pengertian SEO dan SEM
- Pengertian SEO
SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah strategi pengoptimalan website untuk mendapatkan ranking teratas dalam hasil pencarian untuk keyword atau kata kunci khusus yang sudah ditargetkan. SEO berguna untuk meningkatkan traffic organic pada website melalui ranking teratas di hasil pencarian. SEO memiliki beberapa komponen penting, yaitu sebagai berikut:
- Technical SEO, proses mengoptimalkan website untuk tahap crawling dan indexing. Dengan adanya komponen ini, Anda bisa memastikan bahwa mesin pencari dapat meng-crawl dan mengindeks website tanpa ada masalah.
- On-site SEO, diterapkan pada setiap halaman website sehingga dapat dioptimalkan untuk keyword yang telah ditargetkan.
- Off-site SEO, proses mendapatkan referensi atau backlink dari website lain yang tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan mesin pencari pada website Anda.
- Pengertian SEM
SEM atau Search Engine Marketing adalah sebuah strategi marketing untuk menaikan website Anda ke rangking atas di hasil pencarian dengan cara berbayar. Biasanya, SEM digunakan untuk menawarkan atau mengiklankan produk dan jasa menggunakan Google Ads. SEM umumnya digunakan para pemilik bisnis, e-commerce, dan toko online.
Melalui Google Ads, Anda bisa membuat iklan yang nantinya akan muncul di hasil pencarian Google. Anda pun hanya perlu membayar untuk klik pada iklan atau pay per click (PPC). Google Ads juga bisa meningkatkan visibilitas website Anda ke ranking teratas dengan mudah.
Persamaan SEO dan SEM
- Meningkatkan visibilitas di halaman pencarian dengan membantu website muncul dan meningkatkan ranking teratas sesuai dengan keyword tertentu yang tentunya ini sangat membantu untuk menaikan traffic website Anda.
- Meningkatkan traffic ke website. Semakin tinggi visibilitas website maka semakin naik traffic website. Karena, target audiens Anda akan mengklik pada hasil pencarian melalui Click Through Rate (CTR). CTR merupakan persentase audiens yang mengklik sebuah konten tertentu yang muncul di halaman website tersebut.
- Harus melakukan riset keyword untuk mendapatkan istilah pencarian yang sedang populer. Riset ini dilakukan untuk menentukan keyword teratas atau membeli keyword yang dicari oleh audiens website Anda.
- Fokus pada keyword spesifik yang diidentifikasi selama proses riset untuk mendapatkan keyword yang tepat.
- Butuh dilakukan pengujian dan pengoptimalan yang continue yang tidak bisa dilakukan hanya dengan sekali percobaan agar bisa meningkatkan kinerja SEO dan SEM.
Perbedaan SEO dan SEM
- Gratis dan berbayar, SEO gratis digunakan dan tidak dikenakan biaya sepeser pun jika audiens mengklik website. Sedangkan, SEM diharuskan berbayar karena biasanya SEM menggunakan Google Ads, yang mana Anda sebagai pemasang iklan perlu membayar setiap kali diklik oleh audiens atau yang biasa disebut dengan Pay Per Click.
- Dampak SEM lebih instan dibandingkan SEO karena berbayar. SEM sudah menjamin bahwa ranking website akan teratas dengan cepat dan mudah dibandingkan SEO. Sedangkan, SEO perlu melakukan beberapa usaha dan waktu yang tidak cepat untuk melihat website di ranking atas.
- SEO lebih baik digunakan untuk jangka panjang daripada SEM karena website yang berada di ranking atas dalam hasil organik untuk keyword tertentu bisa mendapatkan traffic secara gratis selama waktu 24/7. Sedangkan, website yang menggunakan SEM masih bisa mendapatkan traffic yang tertarget dari mesin pencari, tapi Anda harus terus membayar. Jika Anda berhenti membayar maka iklan pun akan hilang.
Pada dasarnya, SEO dan SEM sama-sama baik dan bisa diterapkan bersamaan untuk website. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, seperti siapa sajakah kompetitor Anda, seberapa baik mengenal industri bisnis Anda, seberapa lama siklus pembelian bisnis Anda, berapa biaya yang dibutuhkan, dan berapa lama usia website.
Apa pun pilihan Anda, mau menerapkan SEO saja, SEM saja, atau mungkin keduanya, tentu masing-masing pilihan akan membantu mendongkrak website dan meningkatkan traffic website. Akan tetapi, ada baiknya sebelum menentukan ingin menerapkan yang mana, Anda perlu melakukan riset yang cukup mendalam terhadap website dan bisnis yang dimiliki agar strategi yang ingin terapkan bisa maksimal, serta memberikan dampak yang positif.
Solusinya, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada
Creata secara gratis! Creata merupakan digital agency ternama di Indonesia yang menyediakan layanan konsultasi digital marketing untuk membantu Anda yang masih awam terhadap SEO dan SEM, dalam menentukan strategi yang dibutuhkan. Anda bisa berkonsultasi terkait bisnis yang dijalankan, budget yang dimiliki, dan goals bisnis. Nantinya, Creata akan menawarkan beberapa layanannya dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Creata pun menyediakan layanan digital marketing secara lengkap. Ada SEO, SEM, social media ads, pembuatan website, desain website, maintenance website, dan pembuatan aplikasi yang harga setiap layanannya bisa disesuaikan dengan budget Anda tanpa biaya tambahan sehingga dijamin tidak bikin kantong bolong. Creata juga telah berpengalaman bekerja sama dengan berbagai sektor industri sehingga tak perlu ragu dengan dengan hasilnya.
Untuk langsung berkonsultasi dengan Creata, Anda bisa langsung klik
di sini. Sementara, jika ingin mengenal digital marketing secara lebih dalam, bisa baca berbagai
Cerita Creata.
Bagikan Artikel Ini..

