Digital Marketing: dari Pengertian, Jenis, hingga Tujuan Digital Marketing
Di era serba digital seperti sekarang, istilah digital marketing sudah tidak asing lagi, terutama bagi para kalangan pebisnis. Mungkin Anda pun pernah melihat suatu brand atau perusahaan yang melakukan digital campaign atau kampanye online melalui media sosial dan website. Hal seperti ini disebut sebagai digital marketing. Hampir semua perusahaan di dunia sekarang menggunakan strategi tersebut. Alasannya karena lebih mudah, lebih cepat, dan lebih luas dalam menjangkau konsumen.
Lalu, apa sih yang dimaksud dengan digital marketing? Apa tujuan digital marketing untuk bisnis di masa sekarang? Kemudian, apa sajakah jenis-jenisnya? Bagi Anda para pemilik bisnis yang ingin mendigitalkan bisnisnya, simak artikel ini selengkapnya karena akan mengupas tuntas mengenai digital marketing, dari pengertiannya, jenisnya, hingga tujuan digital marketing.

sumber: exabytes.co.id
Pengertian Digital Marketing
Menurut para ahli, yaitu Coviello, Milley, dan Marcolin, digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi interaktif lainnya untuk membuat, serta menghubungkan dialog antara sebuah perusahaan dengan konsumennya yang sudah teridentifikasi. Secara umum, digital marketing adalah cara pemasaran menggunakan perangkat elektronik berbasis internet dengan berbagai taktik pemasaran dan media digital, di mana Anda bisa berkomunikasi dengan calon konsumen secara online untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
Selain mengetahui pengertiannya, untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa memahami tujuan digital marketing, jenis-jenisnya, manfaat, dan langkah yang perlu dilakukan oleh pebisnis berikut ini.
Tujuan Digital Marketing
Pada umumnya, terdapat beberapa tujuan digital marketing sesuai sasarannya, yaitu sebagai berikut.
- Meningkatkan pangsa pasar.
- Meningkatkan omset penjualan.
- Mencapai tujuan brand, seperti meningkatkan brand awareness.
- Mengurangi anggaran, seperti biaya promosi atau distribusi.
- Meningkatkan jumlah database.
- Mencapai tujuan Customer Relationship Management, seperti meningkatkan kepuasan konsumen, tingkat referensi konsumen, dan frekuensi pembelian.
- Meningkatkan jumlah komentar pada sebuah website atau akun media sosial.
Jenis Digital Marketing
Setelah mengetahui tujuan digital marketing, Anda pun perlu mengetahui beberapa jenisnya, yakni sebagai berikut.
1. Push Digital Marketing
Push digital marketing mengacu pada beberapa cara dalam mempromosikan jasa atau produk tanpa adanya persetujuan awal dari calon konsumen. Beberapa strategi marketing yang masuk jenis ini adalah pembuatan website, beriklan di banyak website, pengiriman email marketing ke konsumen, dan pengiriman SMS berisi promosi ke nomor ponsel orang-orang.
2. Pull Digital Marketing
Tak seperti push digital marketing, di mana calon konsumen pasif atau hanya sebagai penerima, pull digital marketing mengacu pada keaktifan calon konsumen dalam mencari informasi mengenai jasa atau produk yang sedang mereka butuhkan. Biasanya, para konsumen mencarinya melalui website atau akun media sosial yang menyediakan informasi yang dicari.
Manfaat Digital Marketing
Terdapat beberapa manfaat digital marketing yang perlu Anda ketahui sebagai pebisnis, yaitu sebagai berikut.
- Menghubungkan brand dengan konsumen di Internet.
- Meningkatkan penjualan.
- Membuat pebisnis lebih hemat dalam melakukan promosi.
- Memberikan ROI yang lebih tinggi dari kampanye yang dilakukan.
- Membantu brand untuk ikut bersaing dengan para kompetitor
- Mempersiapkan untuk era internet of things.
Langkah Memulai Digital Marketing
Setelah mengetahui tujuan digital marketing, berbagai jenis dan manfaatnya, mungkin sekarang Anda bertanya-tanya, “Lalu, langkah apa yang perlu dilakukan untuk memulai digital marketing?”. Ada beberapa langkah yang perlu Anda ketahui untuk memulai digital marketing.
- Membuat website dengan konsep dan desain yang sesuai dengan bisnis.
- Membuat content website sesuai dengan target market.
- Membuat akun media sosial sesuai target market.
- Membuat content marketing untuk website dan media sosial.
- Menerapkan SEO untuk website.
- Menerapkan SEM untuk website.
- Menggunakan iklan di media sosial, seperti Facebook Ads, Instagram Ads, atau Youtube Ads.
Jika setelah membaca artikel ini Anda semakin tertarik dengan digital marketing, namun bingung untuk melakukan langkah-langkah di atas, Anda bisa langsung menghubungi Creata. Sebagai digital agency terpercaya di Indonesia, Creata menawarkan layanan lengkap kepada pebisnis yang ingin mendigitalkan bisnisnya. Mulai dari adanya layanan pembuatan berbagai jenis website (company profile dan toko online), desain website yang bisa pesan custom sesuai keinginan, maintenance website agar website selalu aktif dan anti lemot, maintenance social media agar akun media sosial Anda selalu aktif, hingga layanan digital marketing (SEO, SEM, dan social media ads). Lengkap banget, kan?
Anda pun bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada Creata mengenai kebutuhan dan goals bisnis agar Creata bisa menentukan layanan apa yang tepat. Selain menyesuaikan layanan, Creata pun bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki dan menjamin no hidden fee! Wow! Tunggu apalagi, jangan sampai kalah dari kompetitor, langsung konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama
Creata!
Bagikan Artikel Ini..

